Rabu, 24 September 2014


TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA
KELOMPOK 8
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgu1JQD797BxusNK4yhO3FMnUvMs-OnoT6hB4czPTpsYF4b_gx9_c9JkcenIB7HaK4uar5OfxSJFZT1YCviEfeVqM_O4ILc4uyvcrs8GONEzio-Bv8T77QihV6RANiGBocJPvUyFpcVhrw/s1600/UIN+SUSKA+RIAU+2012+LOGO+REVISI.jpg
D
I
S
U
S
U
N
OLEH             : AIDUL AZMI
                         AZLAN NAWAWI
                        SUCI RAHMAWATI
                        WINY
KELAS           : E

UIN SUSKA RIAU
PEKANBARU
2014

A.  Manfaat Matematika Secara Umum
Sebagian besar orang mengganggap Matimatika adalah sebuah pelajaran yang menghalang dan juga menyusahkan, bahkan ada juga yang berpikir matematika harus dihilangkan di mata pelajaran, itu akibat karna mereka tidak mengetahui manfaat matematika. Inilah beberapa manfaat mempelajari matematika secara umum.
1.      Berguna untuk perhitungan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya: untuk menghitung uang, menghitung barang.
2.      Melatih berfikir secara rasional.
3.      Melatih melakukan perhitungan secara terperinci dan terstruktur.
4.      Meningkatkan ketelitian.
5.      Berguna dalam kemajuan teknologi, misal: pembuatan antena dengan menggunakan integral.
6.      Meyeimbangkan kerja otak kanan dan otak kiri (hafalan dan praktik rumus).


B.  Hubungan Matematika dengan Sistem Informasi
Matematika adalah ilmu dasar dari berbagai bidang pelajaran. matematika melatih kita untuk berpikir logis, analitis dan sistematis.Dalam sistem informasi, matematika memberikan pengaruh. Berbagai program di komputer tidak lepas dari penerapan matematika, diantaranya boolean,peluang, logika simbolik, statistik. inti dari sitem informasi adalah pembuatan software dan di dalam pembuatan kita membutuhkan logika. dalam pembuatan software tersebut menggunakan sistem bilangan biner dan kode bilangan. disamping itu, untuk membuat suatu program di komputer, kita harus menggunakan algoritma. algoritma adalah langkah2sistematis yang mengikuti kaidah logika(langkah - langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah) di era globalisasi ini penerapan sistem informasi dalam Matematika juga sangat penting.Misalnya mengenai E-learning. E-learning adalah hal yang sangat esensial sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Pemanfaatan e-learning yang tepat sesuai dengan kebutuhan tentu akan berdampak positif terhadap hasil belajar matematika. Terlebih lagi di Negara Indonesia sebagai Negara kepulauan, dengan pemanfaatan e-learning kesenjangan mutu pendidikan dapat diminimalisir karena terdapatnya kesempatan akses informasi yang luas serta bebas ruang dan waktu



C.  Pro dan Kontra Matematika
KONTRA MAPEL/MAKUL MATEMATIKA
1.      Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai obyek kajian yang bersifat abstrak
2.      Meskipun matematika mempunyai jam yang relatif paling banyak, kenyataan menunjukkan bahwa matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit, menakutkan bahkan sebagian menganggapnya sebagai momok.

PRO MAPEL/MAKUL MATEMATIKA
1.      Manusia memerlukan matematika memecahkan kehidupan sehari-hari, misalnya belanja ke pasar.
2.      Matematika merupakan suatu pengetahuan yang mempunyai karakteristik berpikir logis, kritis, sistematis, tekun, kreatif dan banyak nilai-nilai luhur matematika bermanfaat untuk berbagai jenis dan program Pendidikan.
3.      Dapat membantu pelajaran lain  seperti kimia, fisika, artistektur, farmasi, ekonomi, dan lain-lain
4.      Mata pelajaran matematika bukan hanya matematika itu sendiri, tetapi matematika merupakan suatu pengetahuan yang mempunyai karakteristik berpikir logis, kritis, sistematis, tekun, kreatif dan banyak nilai-nilai luhur matematika bermanfaat untuk berbagai jenis dan program sekolah.


D.   Perbedaan Matematika dengan Statistika
Ø  Statistika berurusan dengan mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data, sedangkan untuk hal tersebut menggunakan matematika. Dari sudut pandang ini terlihat matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang berbeda karena mempunyai objek study yang berbeda. Statistika adalah cabang dari matematika yang bertugas untuk merumuskan, merangkai bahasa matematika menjadi alat pengolah data.

Ø  Jadi, matematika dan statistika mempunyai bahasa yang sama yaitu bahasa symbol dan logika, bedanya statistika mempunyai tema data sedangkan matematika mempunyai tema bahasa symbol dan logika itu sendiri.



DAFTAR PUSTAKA
Kompas Yana edukasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar